Seminari Menengah Wacana Bhakti

08 April 2009



Maraknya Persoalan Sumber Daya Alam di Indonesia

Harimau Cari Makan di Rumah Penduduk
Andreas Subekti- 2 IPS 3-3





Hutan – hutan di Indonesia khususnya di Pulau Sumatra banyak menyimpan keanekaragaman flora dan fauna. Ratusan bahkan ribuan jenis spesies dapat dijumpai di hutan – hutan tersebut. Pulau Sumatra memang kaya akan flora maupun fauna. Dilihat dari bentuk reliefnya, Pulau Sumatara mempunyai banyak gunung berapi, itu disebabkan karena Pulau Sumatra dilewati oleh dua lempeng yaitu lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia yang saling bergesekan. Itulah sebabnya di daerah Sumatra bagian Barat banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif yang kita kenal dengan sebutan Bukit Barisan.

Kaya dengan hutan berarti memiliki banyak ragam fauna. Bahkan untuk saat ini banyak hewan langka yang ada di Pulau Sumatra. Salah satu yang terkenal adalah Harimau Sumatra(panthera tigris). Popuasinya kini tak lebih dari 500 ekor. Harimau Sumatra ini sudah termasuk dalam kategori hewan langka. Kelangkaan ini disebabkan oleh perburuan liar dan kerusakan habitat dari harimau itu sendiri.
Harimau Sumatra tinggal di hutan – hutan Pulau Sumatra. Hewan ini biasanya tinggal di lereng – lereng gunung. Sekarang habitatnya hilang karena ulah manusia. Manusia mulai membuka hutan menjadi ladang dan tempat tinggal. Hilangnya habitat harimau ini memyebabkan harimau di Provinsi Sumatra Barat turun ke pemukiman penduduk untuk mencari makan.
Kedatangan harimau ini sangat merugikan masyarakat. Hewan ternak mereka hilang dimakan harimau, bahkan salah satu penduduk pun diserang oleh harimau. Masyarakat menjadi takut untuk beraktifitas karena serangan harimau ini. Mereka dilarang menembak harimau karena harimau adalah hewan yang dilindungi oleh Pemerintah. Mereka hanya menghalau kedatangan harimau dengan membuat suara dentuman yang diharapkan dapat menghalau harimau.