Seminari Menengah Wacana Bhakti

26 Januari 2009


Menguak Injil – Injil Rahasia


Judul Buku : Menguak Injil – Injil Rahasia
Pengarang : Romo Deshi Ramadhani SJ
Penerbit : Kanisius
Tahun Terbit : 2007
Jumlah Halaman : 208
ISBN : 978-979-21-1736-3
Harga : Rp. 35.000

Buku ini merupakan salah satu buku yang ditulis oleh Romo Deshi Ramadhani SJ dari antara buku lainnya. Romo Deshi Ramadhani SJ adalah salah satu dosen tafsir kitab suci di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta. Pernah mengenyam pendidikan teologi di Universitas Gregoriana, Roma, dan spesialisasi bidang KItab Suci di Pontificium Institutum Bibilicum, Roma. Meraih gelar Doktor Teologi bidang KItab Suci dari Jesuit School of Theology, Berkeley, California, Amerika Serikat. Buku- bukunya sangat dikenal dan banyak dijadikan referensi oleh para penulis.

Dalam buku yang berjudul Menguak Injil-Injil Rahasia, Romo Deshi Ramadhani SJ mengisahkan bagaimana Injil – Injil yang ada selama ini merupakan penyeleksian dari berbagai macam injil- injil yang ditemukan oleh para arkeolog.

Dalam buku ini Romo Deshi Ramadhani SJ membuat alur yang cukup beraturan, yaitu dimulai dengan kisah Yesus saat Ia menjalani masa kanak-kanak, dilanjutkan dengan kisah Yesus saat Ia mulai berkarya sampai dengan kematiannya. Romo Deshi Ramadhani SJ banyak mengambil referensi dari buku – buku terbitan dari luar negri. Romo Deshi Ramadhani SJ membuka mata kita akan kebenaran Injil Injil yang kita percayai sekarang. Romo Deshi Ramadhani SJ mengisahkan pula Injil dari Yudas, Injil dari Maria Magdalena, dan dari Injil – Injil yang sebelumnya belum kita ketahui.

Kelebihan buku ini adalah banyaknya referensi yang diambil menjadikan buku ini kaya akan pengetahuan. Kalimat per kalimat tersusun dengan rapi sehingga alur yang tercipta juga jelas dan memberikan rasa penasaran pada pembecanya.

Kekurangan dari buku ini adalah, mungkin buku ini dikhususkan pada orang yang menganut agama Kristen. Jadi buku ini tidak bebas dibaca oleh umum. Kata - kata asing banyak digunakan dan mungkin sulit dimengerti oleh kebanyakan orang.

Tetapi secara umum, buku karangan Romo Deshi Ramadhani SJ ini memiliki nilai yang baik dan sangat cocok untuk anda baca, karena buku ini menunjukan sisi lain dari kehidupan Kristen yang kita percayai saat ini.